Tips Cara Mengupas Cepat Sayur Rebung atau Tunas Bambu Atau juga Ujau

Rebung adalah tunas muda dari batang bambu. di Kalimantan Tengah Rebung biasa disebut dengan Ujau (Bahasa Dayak). Bambu biasanya ditanam d dataran tinggi atau d pinggir sungai bambu yang ditanam ini memiliki fungsi  Sebagai pelindung tanah agar tidak mudah longsor karena memiliki jenis akar serabut . Bambu juga memiliki banyak manfaat seperti batang bambunya yang bisa digunakan sebagai  alat  bangunan rumah, tusuk sate, tempat membuat lemang, sebagai gelas pada jaman nenek moyang, dijadikan alat musik seperti angklong, dijadikan alat pentongan tanda adanya bahaya, dijadikan kerajinan tangan seperti topi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya batang bambunya saja yang memiliki manfaat, tetapi tunasnya yang masih muda (rebung/ujau) juga dapat dijadikan sebagai sayur untuk dimasak. Rebung atau ujau (bahasa Dayak) ini memiliki ciri-ciri seperti kulitx yang memiliki bulu halus seperti duri jika terkena kulit akan terasa gatal, Dan warna kulitnya coklat.

Berikut tips cepat mengupas rebung.

1.rebung yang sudah dipilih terlebih dahulu dipotong bagian ujungx

2. Rebung yang sudah d potong bagian ujungnya, lalu di iris kulitnya memanjang dari ujung hingga ke pangkal rebungnya. Iris dengan kedalaman 1 atau 2 cm.

3.setelah di iris lalu buka bagian kulitnya dari bagian irisan tadi. Kupas semua kulit hingga bersih.

4. Setelah selesai di bersihkan kulitnya, lalu bersihkan rebung dengan cara membuang bagian kulit yang tersisa, hingga bulu- bulu halus yang menempel di bagian batang tidak bersisa.

5. Rebung yang sudah bersih lalu di potong dengan ketebalan yang diinginkan. Biasanya rebung akan di iris tipis-tipis dan dimulai dari bagian ujung hingga ke pangkal

6. Sisakan bagian yang terasa kasar pada potongan rebung itu pertanda bahwa bagian rebung sudah keras.

7.rebung yang sudah d iris siap untuk dumasak dengan kreasi masakan yang anda inginkan.

Semoga bermanfaat

Tips Cara Mengupas Cepat Sayur Rebung atau Tunas Bambu Atau juga Ujau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar