Wisata Kuliner Kalimantan Tengah Masakan Makanan Sehat Alami Sayur Buah Kanjat atau Oyong mungil Dari Desa Garung Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah

Kanjat merupakan jenis tanaman semak atau memiliki bentuk batang atau tubuh menjalar seperti tanaman papare, kacang, labu ataupun mentimun, dan hidup di tempat lingkungan yang lembab, seperti gambut. Kanjat termasuk tanaman pangan karena kanjat merupakan salah satu dari klasifikasi tumbuhan yang buahnya dapat dijadikan sayur atau dengan kata lain dikomsumsi. Tanaman sayuran Kanjat dapat dijumpai di daerah Kalimantan Tengah seperti di daerah Kahayan, Barito, Juga Katingan dan beberapa daerah lainnya.Ada dua jenis buah Kanjat yaitu besar memanjang dan yang kecil memendek.biasanya ukuran buah kanjat dipengaruhi oleh jenis media tanam, misalkan tanah gambut dan tanah liat dataran tinggi.

Pada jaman dulu, sayur buah Kanjat di kenal sebagai tanaman liar dan hanya di temukan di hutan, ataupun di hamparan tanah gambut yang banyak ditumbuhi tanaman paku-pakuan seperti pakis (Kalakai). Seiring waktu, sebagian dari masyarakat Kalimantan Tengah mencoba menanam sendiri sayur bua Kanjat dengan bibit yang di dapat dari hutan dan hasil panen biasanya juga dijual ke pasar. walaupun hasil panen tidak dapat menjangkau pasar luas hanya lokal saja. Karena cara penanamannya masih secara tradisional dan tidak ada yang khusus menanam Sayur buah kanjat. Cara menanam sayur kanjat yaitu dapat disemai atau ditanam seperti menanam sayur yang lain. Biasanya sayur kanjat akan disemai katika saat menanam padi gunung atau saat masyarakat kalimantan tengah berladang. Sayur Kanjat dapat tumbuh dengan mudah dan juga akan tumbuh subur walau tanpa menggunakan pupuk. Oleh karena itu, tanaman kanjat baik dikonsumsi sebagai sayur untuk melengkapi jenis sayuran yang akan dihidangkan bersama lauk pauk lainnya. karena sayur buah kanjat bebas dari bahan kimia, dan hanya memiliki kandungan alamiah.

Jika di daerah Kahayan seperti yang ada di desa Garung kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah, jenis kanjat  ini rasanya tidak pahit. Namun, d daerah katingan seperti Buntut Bali, jenis Kanjat yang tumbuh hampir semua terasa pahit. Jika dibandingan dengan jenis buah yang dapat dijadikan sayur  rasa pahitnya sama dengan rasa pahit buah pepare.

Dalam bahasa Dayak Ngaju buah yang masih muda disebut Mangur, sedangkan yang sudah tua disebut Batue. Buah Kanjat akan berwarna hijau ketika masih muda, dan akan berubah warna seiring bertambah tua atau matangnya buah kanjat itu sendiri.

Proses perubahan warna buah kanjat :

Hijau Muda -> Hijau Tua -> Kuning -> kuning Tua -> Orange -> Merah

Jika masih muda, biji bua Kanjat akan berwarna putih dan lunak, sedangkan jika sudah matang atau masak warna biji buah Kanjat akan berubah menjadi hijau tua kehitam hitaman dan keras. Hal ini sama seperti  warna biji buah pepare yang akan berubah sesuai dengan tingkat kematagan buah.

Kulit Buah Kanjat akan terasa keras sama halnya dengan kulit buah Oyong. Namun akan lunak seperti buah pepare jika sudah masak. Buah Kanjat akan mudah hancur jika sudah masak karena teksturnya menjadi sangat lembek ketika sudah berubah warna menjafi merah sebagai tanda bahwa buah kanjat sudah masak. Kulit buah kanjat memiliki bulu halus di permukaan kulit luarnya, sama seperti buah terong asam atau dalam bahasa sehari-hari masyarakat disebut dengan Rimbang. Namun bulu yang dimiliki buah kanjat lebih halus dari yang dimiliki buah rimbang. Karena kulitnya yang memiliki bulu halus, maka sebelum diolah menjadi sayur kulit buah kanjat akan dibersihkan terlebih dahulu dari bulu halusnya.

Sayur buah kanjat dapat diolah menjadi berbagai macam masakan kreasi. Seperti oseng telur, oseng pedas, sayur asam, ataupun bening. Tidak hanya itu saja, jika ingin membuat jenis masakan kreasi yang lain, maka sayur kanjat ini bisa jadi alternatif sebagai pengganti sayur yang ingin anda masak.

Mitos sayur buah Kanjat yang sering diceritakan turun temurun. Katanya buah Kanjat ini akan sulit dicari seperti bersembunyi. Tetapi ada satu cara agar buah kanjat ini mau keluar dari persembunyiannya dan akan mudah dilihat dan di dapat jika yang mencari buah kanjat ini menyebutkan "Bawak Beruk". Terasa mustahil, namun sebenarnya hal itu benar, anda akan mudah melihat atau menemukan buah Kanjat jika menyabutnya. Tapi jika tanaman sayur Kanjatnya ada ya, kalau tidak ada walaupun di sebutkan tidak akan ada dapat.

Semoga info tentang sayur Buah Kanjat ini dapat bermanfaat bagi pembaca, dan dapat memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang sayur buah Kanjat. Oleh sebab itu disini saya menambahkan gambar tentang buah kanjat, mulai dari gambar biji, batang/daun, bunga, dan juga buah kanjat. Sehingga pembaca bisa lebih mudah mengenali seperti apa bentuk dari sayur buah kanjat.

Terimakasih,, :)

Wisata Kuliner Kalimantan Tengah Masakan Makanan Sehat Alami Sayur Buah Kanjat atau Oyong mungil Dari Desa Garung Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar