Tips Cara Memasak olahan Sayur keladi / Sulur atau Lantar Agar Tidak Terasa Gatal.

Sayur sulur adalah sayur yang berasal dari tunas keladi. Di daerah Kalimantan Tengah, tunas keladi ini sering disebut dengan Lantar atau sayur lantar. Keladi dan sulur memiliki Banyak kreasi  yang diolah menjadi masakan yang dihidangkan  di tengah meja makan keluarga.

Kreasi masakan sayur sulur sama halnya dengan masakan keladi diantaranya dapat dimasak oseng pedas atau biasa, juhu(jenis masakan kuah kuning) dapat memakai santan atau biasa, masakan sayur sulur juga akan lebih terasa enak jika dicampur dengan sayur yang lain seperti katu atau sayur hijau yang lain.

Dalam mengolah sayur keladi dan sayur lantar ini tidak jarang juga hasil masakannya akan terasa sedikit gatal. Namun, disini saya akan berbagi beberapa tips cara menghilangkan rasa Gatal pada olahan Sayur keladi dan Sulur atau Lantar.

Berikut tips yang dapat anda coba d rumah untuk mengolah kreasi masakan sayur. Keladi dan sayur sulur atau lantar agar terasa lebih enak ketika anda dan keluarga anda menyantapnya.

1. Taburan Garam
     Beri sedikit taburan garam pada sayur keladi/sulur atau lantar sebelum dimasak. Jika ingin mencucinya kembali usahakn mencucinya hanya sewaktu hendak memasukan sayur sulur ke dalam kuah yang anda siapkan.

2. Asam Jawa/Asem Kamal
    Berikan asam kamal secukupnya pada bumbu masakan anda, karena rasa asam yang dimunculkan oleh Asam Jawa/ Asem Kamal dapat mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan sayur keladi /oleh sulur atau lantar.

3. Rebus
    Rebus sayur keladi / sulur yang sudah ditaburi garam ataupun tidak kedalam air yang sudah mendidih. Rebus sayur sulur atau lantar hingga setengah matang. Angkat lalu tiriskan. Lalu masak dengan kreasi masakan yang anda inginkan.

4. Lombok
    Memasak sayur Sulur dengan lombok akan mengurangi rasa gatal pada masakan Keladi / sayur sulur anda. Tambahkan lombok secukupnya sesuai degan selera anda pada bumbu masakan. Maka sayur keladi/sulur yang akan anda masak akan terasa lebih enak, dan selera makan akan tegugah untuk mencicipi masakan sayur sulur anda.

Semoga bermanfaat.

Tips Cara Memasak olahan Sayur keladi / Sulur atau Lantar Agar Tidak Terasa Gatal. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar